Jalan-jalan Sendirian di Bangka Belitung Kenapa Tidak!

Laskar pelangi takkan terikat waktu ..
Bebaskan mimpimu di angkasa,,
Warnai bintang di jiwa.. ( Nidji)

Yang  baca sambil nyanyi pasti tahu dong film "Laskar Pelangi" yang filmnya diambil di Bangka Belitung, film yang ceritanya sangat menginspirasi dan  tempatnya yang sangat indah, jadi kali ini aku akan membagi cerita perjalananku ke Bangka Belitung seorang diri.

Ceritanya dimulai dari penerbangan Batam-Bangka yang mana kala itu aku menaiki maskapai Singa Merah, Alhamdulillah penerbangan berjalan dengan lancar, padahal aku sedikit was-was sebab kejadian jatuhnya pesawat Singa Merah seminggu sebelum keberangkatanku.

Pantai Tanjung Tinggi
Lanjut cerita..

Sekitar jam 7 malam pesawat yang aku tumpangi mendarat di Bandara Depati Amir Bangka, aku bergegas keluar dan menjumpai staf Hotel Santika Bangka yang sudah menunggu untuk menjemputku, oh iya malam ini aku akan menginap di Hotel Santika Bangka, kebetulan saat aku memesan kamar di Santika.com aku mendapat potongan harga, lumayan banget bisa menghemat biaya 30% dari rincian awalku.

Sampai di penginapan aku langsung cek-in dan menaruh barang bawaan di kamar, sebelum istirahat aku makam malam terlebih dulu karena perut yang imut-imut ini udah berteriak minta di isi, aku memesan Mie Pelangi dan beberapa jenis makanan lainya, Mie Pelangi adalah salah satu menu andalan dari Hotel Santika Bangka, secara keseluruhan rasanya enak, oh iya dari nilai 10 aku beri nilai 8, pelit amat sih cuma kasih nilai 8.

Mie Pelangi

Setelah makan malam aku kembali ke kamar dan istirahat,  keesokan paginya aku terbangun dari tidurku yang lelap lalu aku bergegas merapikan diri dan barang bawaanku, setelah semua beres aku keluar kamar menuju restoran untuk sarapan pagi. karena waktu keberangkatan kapal masih lama aku sempatkan untuk keliling-keliling area hotel.

Kamar yang aku Inapi di Hotel Santika Bangka

Beberapa Sajian Sarapan

Menu sarapan pagiku

Kolam Renang  sekalian santai-santai

View dari kamarku

Sekitar jam 11 siang aku check out dan diantar ke pelabuhan oleh staf dari Hotel Santika Bangka, enak banget pesan hotel di santika.com udah dapat diskon dan pelayanannya juga bagus. Dari hotel ke pelabuhan itu sekitar 20-30 menit, sesampai di pelabuhan aku turun dari mobil lalu menuju loket pembelian tiket kapal express  Bangka-Belitung, harga tiket penyebrangan Bangka-Belitung 202 ribu yang VIP dan 8 ribu pass masuk penumpang, sedikit informasi lama penyebrangan dari Bangka ke Belitung menggunakan Kapal Express - + 5 jam, jadwalnya setiap hari Senin, Rabu dan Jum'at berangkat jam 13.00 wib.

Setelah - + 5 jam di perjalanan akhirnya sampai juga di Belitung, di sini aku mulai sedikit kebingungan karena dari pelabuhan ke Penginapan yang  aku pesan jaraknya cukup jauh. tanya tukang ojek dan taxi, berapa ongkos dari pelabuhan ke Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung mereka memasang tarif yang lumayan mahal, biaya bisa membengkak jika aku menggunakan jasa ojek atau taxi, setelah berpikir cukup keras akhirnya aku mencari motor sewaan, untungnya banyak penyewaan motor di daerah sini tarifnya bervariasi mulai dari 60-80 ribu per hari.

Ini pertama kalinya aku ke Belitung naik motor sendirian sedikit was-was dan takut, walau jalan di Belitung sudah aspal tapi tetap saja was-was apalagi di beberapa daerah lampu jalanya belum hidup dan masih dikelilingi hutan, dengan memberanikan diri dan tekat yang kuat akhirnya aku sampai  di penginapan dengan selamat  walau badan sedikit basah terkena hujan saat di jalan.

Sampai di penginapan aku cek-in dan langsung istirahat, keesokan paginya setelah bangun dari tidur yang lelap aku mulai mempersiapkan peralatan dan jiwa untuk mengunjungi tempat-tempat indah di Belitung tapi selama dua hari di Belitung hujan lebih sering turun dan imbasnya hanya beberapa tempat indah yang dapat aku kunjungi di Belitung, mungkin ini pertanda bahwa aku harus datang lagi ke sini, ngomong-ngomong tempat-tempat indah yang aku kunjungi adalah:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan di Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pantai dengan ciri khas pasir putih, air laut yang jernih, dan jejeran batu granit dengan berbagai macam bentuk dan ukuran di sepanjang pantai ini digunakan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi dan cukup terkenal di Belitung. Ombak di Pantai Tanjung Tinggi juga relatif tenang sehingga kita bisa berenang dengan aman tanpa takut terbawa ombak. Selain itu di tepi pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan laut.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di sebelah utara Pulau Belitung, tepatnya di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dan menjadi pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Di pantai ini terdapat batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi - Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari 2 bagian, yaitu sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih.

3. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Belitung, 30 km dari Tanjung Pandan dan membutuhkan waktu sekitar 25 menit perjalanan untuk sampai ke pulau ini. Di Pulau Lengkuas terdapat sebuah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1882 dengan tinggi mencapai 65 meter, memiliki 18 lantai dan 313 anak tangga. Mercusuar ini digunakan sebagai alat pemandu kapal agar tidak menabrak karang di malam hari dengan memancarkan cahaya yang berfungsi sebagai lampu penanda.

4. Batu Berlayar

Batu Berlayar
Batu Berlayar memang terlihat unik. Di sini  disajikan pemandangan batu-batu granit berukuran besar yang berdiri menjulang ke atas. Batu-batu ini berdiri diatas pulau berpasir putih yang lembut dan dikelilingi birunya air laut yang tenang.

Tidak hanya batu granitnya saja yang indah, keberadaan biota laut seperti ikan-ikan cantik dan bintang laut di pulau ini juga menjadi pemandangan indah yang disajikan dari pulau yang hanya 15 menit ditempuh dari Pantai Tanjung Kelayang ini.

5. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang
Pulau Kepayang adalah pulau terbesar diantara belasan gugusan pulau-pulau kecil eksotis di Utara Belitung. Pulau ini dinamakan juga Pulau Babi. Luas pulau kurang lebih 14 hektar dengan beberapa sisi pantai yang menarik. Pulau ini terlihat jelas dari sisi Barat Pantai Tanjung Kelayang. bisa ditempuh menggunakan boat dari Pelabuhan Tanjung Kelayang dengan lama perjalanan sekitar 10 menit.

Tempat nomor 2 hingga 5 dapat di kunjungi dengan menggunakan kapal atau perahu, penyewaan kapal atau perahu dapat ditemui di Dermaga Tanjung Kelayang, biasanya untuk sewa 1 kapal plus nahkoda harganya berkisar 500 ribuan dan 1 kapal atau perahu muat untuk 10 orang. Selama 3 hari di Belitung Pantai Tanjung Tinggi adalah tempat yang paling sering aku datangi karena tempatnya yang paling dekat dengan penginapanku, ngomong-ngomong aku belum kasih tahu ya! Selama di Belitung aku menginap di Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung yang berada di Jl. Pantai, Dusun Ulu, Sijuk, Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung 33414

Lokasi Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Daripada penasaran ini aku ceritakan soal pengalamanku menginap di Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung, awalnya aku tidak ada niatan untuk menginap di santika.com tapi pada saat sedang mencari-cari tempat menginap aku mendapatkan tawaran yang menggiurkan dari santika.com yaitu potongan harga yang cukup lumayan, kapan lagi bisa menginap di resort dengan harga miring! (jadi suka mantau santika.com) tanpa pikir-pikir aku langsung sewa kamar lewat santika.com asiknya banyak pilihan cara untuk pembayaran
dari kartu kredit, bank transfer, juga bayar langsung di hotel.

Santika Premiere Beach Resort Belitung di lihat dari atas

Kembali ke awal dulu yah! Sebelumnya aku bilang jika aku sampai di Belitung kira-kira jam 7 malam dan dari pelabuhan ke Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung itu jaraknya cukup jauh, jika menggunakan jasa ojek atau taxi biayanya cukup mahal jadi untuk menghemat biaya aku menyewa sepeda motor untuk ke penginapan dan keliling Belitung, tahu enggak sih selama di jalan menuju penginapan sebenarnya aku takut dan was-was, apalagi saat melewati jalan yang sepi dan lampu jalanya tidak ada rasanya semakin seram, syukurnya walau jalan di Belitung sepi dan beberapa tempat lampunya belum ada, keadaaan di pulau ini relatif aman dan jarang terjadi tindak kejahatan.

Aku sampai di penginapan kira-kira jam 9 malam, setelah cek-in aku langsung menuju kamar dan istirahat, besoknya aku bangun kesiangan, tidurku sangat lelap mungkin ini karena perjalanan dari Bangka ke Belitung yang memakan waktu  begitu lama, melelahkan  dan juga perjalanan malam yang membuat was-was.

View dari kamarku

Karena kesiangan aku buru-buru cuci muka dan langsung menuju Daun Simpur Restaurant  untuk sarapan pagi, sayang banget rasanya kalau tidak sarapan pagi, selain ingin mencoba menu makanan disini dan juga sekalian menghemat biaya makan. hahaha tetap liburan jangan sampai boros

Menu Sarapan Pagi

Sarapan pagi sambil menikmati pemandangan indah

Dari sekian banyak makanan yang disajikan aku hanya mencoba beberapa jenis makanan saja, dan rasanya enak sesuai dengan selera lidahku, berhubung cuaca hari  ini hujan gerimis jadi aku hanya bersantai-santai sambil menikmati pemandangan di sekitaran penginapan.

Menu makan siang

Ngopi Sore

Entah mengapa satu hari ini hujan tidak berhenti membuat perut mungilku ini berteriak minta diisi terus (hujan bawaanya lapar melulu), akhirnya kerjaanku hanya bolak-balik ke Daun Simpur Restaurant untuk makan. Daun Simpur Restaurant adalah nama restoran di Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung, untung makanan yang dihidangkan di Daun Simpur Restaurant rasanya enak sesuai dengan lidahku dan pilihan menunya juga banyak.

Sore hari hujan mulai reda tanpa membuang waktu aku bergegas ke Pantai Tanjung Tinggi yang hanya berjarak 3-4 km dari Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung, sesampai di pantai hujan turun kembali dan aku hanya bisa berteduh di tenda kosong dekat bibir pantai  sambil menunggu hujan berhenti, dan hujan baru berhenti sekitar jam 8 malam, karena sudah malam aku bergegas kembali ke penginapan dengan membawa rasa sedih dan perut yang sudah  lapar, sesampai di penginapan aku langsung menuju restoran dan memesan makan malam.

Menu makan malam

Cheerrs
Selesai makan dan foto-foto aku kembali ke kamar untuk bersih-bersih dan istirahat, oh ia ini dia beberapa penampakan kamar yang aku sewa di Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung, siapa tahu suatu saat  pengen jalan-jalan ke Belitung dan bisa menjadikan hotel ini sebagai referensi tempat menginap, bukan promosi-loh hanya berbagi saja.

Tempat tidurku

Pemandangan dari kamar hotel

Hari ke 3 atau hari terakhir, sedih rasanya harus bilang ini hari terakhir padahal baru juga beberapa hari disini, tapi mau gimana lagi aku masih ada kerjaan lain kalo liburan terus nanti siapa yang mau kasih makan. Oh iya di hari terakhir ini juga aku jelajah beberapa pulau yang sebelumnya sudah aku tulis di atas walau tidak semua pulau bisa aku kunjungi, ini pertanda suatu saat aku harus kembali lagi ke Bangka Belitung.

Tak elok rasanya pergi tanpa memberikan tips-tips berlibur ke Bangka Belitung, maka dari itu aku akan meberikan sedikit tips untuk kamu yang ingin berlibur ke Bangka Belitung:

1. Hindari berwisata pada saat musim hujan, terutama di bulan November - Februari, jangan seperti aku yang kebanyakan diterpa hujan.
2. Datang  berkelompok untuk menghemat biaya sewa kapal dan kendaraan
3. Jika kamu ingin hopping island usahakan untuk memesan kapal/perahu sebelum datang, apalagi di high season.