Pulau Kecil yang Indah Itu Bernama Kenawa

By Rahaps - Mei 26, 2018

Pulau Kenawa
Meskipun hanya sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, tapi Pulau Kenawa worth it banget untuk dikunjungi ketika kamu sudah bosan berlibur hanya di Lombok.

Pulau Kenawa yang hanya memiliki luas sekitar 13 hektar tapi memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, bukan tanpa alasan aku mengatakan ini karena aku sudah melihat sendiri keindahan pulau kecil ini, saat pertama kali menginjakkan kaki aku langsung di suguhkan pemandangan savana yang luas berwarna hijau, suasana yang tenang dengan garis pantai berpasir putih yang mengelilingi pulau, bawah lautnya yang masih terjaga dan sebuah bukit yang dapat di daki sekitar 20 menit.

Aku datang kemari bersama teman-teman dari lombok yaitu simaun, angga, rama dan juga yeo kita memang sudah janjian untuk berkemah di Pulau Kenawa, semua perlengkapan  kemah dan logistik sudah kami bawa dari lombok, kami sampai di Pulau Kenawa sekitar jam 4 sore dan langsung mencari posisi untuk mendirikan tenda, setelah tenda berdiri kami bersantai sambil menunggu matahari tenggelam, cuaca saat itu sedikit berawan sehingga hanya dapat melihat warna dari sang matahari yang indah.
Sunset di Pulau Kenawa
Malam haripun tiba kami berkumpul sambil berbagi cerita dan menyantap nasi bungkus yang kami bawa dari lombok, ingin rasanya menghidupkan api unggun di tengah malam yang cukup dingin, namun ada rasa was-was karena kami berada di tengah savana rumput dan takut jika api unggun kecil menyebabkan kebakaran.

Malam berganti dengan pagi sang matahari mulai melihatkan cahayanya yang begitu indah, karena tidak ingin kehilangan moment kamipun mengambil beberapa gambar saat munculnya cahaya dari sang matahari, dan sebagai bukti bahwa Pulau Kenawa merupakan pulau kecil yang sangat indah.
Sunrise di Pulau Kenawa
setelah puas mengambil gambar kamipun bergegas merapikan tenda dan  semua barang bawaan kami. Sambil menunggu jemputan perahu beberapa dari kami berenang, mungkin karena tidak tahan melihat jernihnya air laut yang seakan memangil-mangil  untuk di dekap, sekitar 30 menit jemputan kami datang dan kamipun meninggalkan Pulau Kenawa, hanya kenangan indah, sampah dan beberapa poto saja yang kami bawa pulang.

Kamping di Pulau Kenawa
Bagaimana Kesana:
Untuk menuju Pulau Kenawa, kamu dapat memulai perjalanan dari kota Mataram menuju Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, dengan lama perjalanan 2-3 jam menggunakan kendaraan bermotor itu juga lihat situasi dan kondisi, kemudian kamu menyebrang dengan Ferry menuju pelabuhan Poto Tano, jika membawa motor biayanya Rp. 57.000/motor dan jika hanya membawa diri tiket penyebrangan Rp. 17.000/orang untuk sekali jalan. Setelah sampai di pelabuhan Poto Tano kamu langsung keluar  biasanya banyak yang menawarkan jasa antar jemput ke Pulau Kenawa di dekat pintu keluar. dengan biaya Rp. 250.000 - Rp. 300.000/Perahu (Pulang-Pergi), Kapasitas perahu muat hingga 12 Orang tergantung besar badan masing-masing penumpang, lama perjalanan dari Poto Tano ke Pulau Kenawa sekitar 15 menit dan jangan lupa meminta nomor telpon untuk mengabari kapan dijemput.

Tips :
A. Pulau Kenawa adalah pulau yang tidak berpenghuni sehingga jika kamu berniat untuk kemari, kamu harus membawa logistik yang cukup terutama air mineral karena pulau kecil ini tidak memiliki sumber air.
B. Jika berniat bermalam di Pulau ini kamu harus membawa tenda dan peralatan-peralatan kemping karena tidak ada fasilitas penginapan di Pulau ini.
C. Jika Ingin melihat savana hijau datanglah pada musim penghujan antara bulan september-maret sebaliknya jika ingin melihat savana kering datanglah pada musim kemarau antara april-agustus.
D. Jika ingin melihat keindahan Sunset/Sunrise mendakilah ke puncak bukit maka kamu akan mendapatkan pemandangan yang indah dan juga bisa melihat keseluruhan Pulau.
E.  Datanglah berkelompok atau mencari teman di ferry yang ingin ke Pulau Kenawa untuk berbagi biaya perahu ke Pulau Kenawa.
F.  Jangan lupa untuk membawa pulang sampah kalian.